Jambore Merdeka Bermain Kolaborasi IGTKI-PGRI dengan HIMPAUDI bersama BBGP Provinsi Sulawesi selatan.

SULSEL PEMBURUNEWS - SOPPENG - Jambore Merdeka Bermain menjadi salah satu rangkaian kegiatan peningkatan kompetensi pendidik PAUD yang dilaksanakan di kabupaten Soppeng.

Pemilihan Kabupaten Soppeng dalam pelaksanaan Jambore Merdeka Bermain tentunya tidak lepas dari peran aktif pemerintah daerah dalam memberikan dukungan terhadap peningkatan kompetensi pendidik PAUD.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pagi hingga sore pada tanggal 7 Juni dimulai pagi (08.00)wita merupakan kolaborasi antara IGTKI-PGRI dengan HIMPAUDI bersama Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi selatan.

250 orang pendidik PAUD diKabupaten Soppeng hadir memeriahkan Jambore Merdeka Bermain ini. Mereka terbagi ke dalam tiga jenis lomba yang dilaksanakan, yaitu: Ada lomba APE (alat permainan edukatif) antar kecamatan, lomba pameran,ada lomba rangking 1yang pesertanya adalah guru TK dan Himpaudi sekabupaten soppeng.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Andi Sumangerukka S, SE., S.Sos., M.Si, hadir dalam pembukaan kegiatan. Andi Sumangerukka menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pendidik PAUD, dikabupaten soppeng yang terus semangat belajar dan sangat kreatif dalam mendampingi anak usia dini.dan dalam kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengapresiasi kinerja pendidik PAUD di Kabupaten Soppeng.

"saya mengucapkan selamat kepada pendidik PAUD Kabupaten Soppeng yang hadir pada kegiatan Jambore Merdeka Bermain hari ini”, ungkap Andi Sumangerukka.

Ia juga mengatakan. Bahwa kolaborasi HIMPAUDI dan IGTKI-PGRI dalam kegiatan jambore merupakan wujud kebahagiaan setelah mengimplementasikan kurikulum merdeka.Andi Sumangerukka menyebutkan bahwa kombel PAUD yg terdata di PMM sebanyak 79 komunitas.

DR.Arman Agung,M.Pd ketua BBGP Provinsi Sulawesi selatan mengatakan. Tujuan kedatangan kepala BBGP provinsi Sulawesi Selatan datang ke Kabupaten Soppeng adalah memonitoring guru PAUD yang telah mengikuti pelatihan di BBGP. Namun tidak disangka, bahwa acara pengimbasan komunitas belajar dibuat menjadi jambore merdeka bermain yang melibatkan seluruh komunitas belajar paud se-kabupaten Soppeng.Hal ini menunjukkan sebuah kreativitas dari guru PAUD sebagai pendidik pada fase fondasi.Anak usia dini erat kaitannya dengan belajar di dalam bermain.

"Intinya, anak bermain. Tugas guru adalah sebagai fasilitator yang membingkai permainan tersebut menjadi sebuah edukasi. Anak PAUD harus bahagia, apabila anak tertekan akan terjadi 3 F yaitu Freezer (membeku), Flight (menghindar) dan fight (melawan)";ucap DR.Arman Agung,M.Pd ketua BBGP Provinsi Sulawesi selatan.

Musdalifah,S.PdI,S.Pd,M.Si, salah satu panitia di Jambore Merdeka Bermain menyampaikan “ Kegiatan ini sangat menginspirasi bagi para pendidik PAUD untuk terus berkompetisi dalam meningkatkan kompetensinya melalui lomba-lomba yang sesuai dengan potensi mereka masing-masing. Sehingga diharapkan melalui kegiatan Jambore ini pendidik PAUD dapat mewujudkan PAUD berkualitas di Indonesia khususnya di kabupaten soppeng”.tuturnya.

0 Komentar