Masyarakat Desa Tanjung Harapan Sebatik Timur Manfaatkan Olahan Buah Pepaya Jadi Stik dan Saos

SULSEL PEMBURUNEWS - SEBATIK - Masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur kini memiliki alternatif baru dalam memanfaatkan buah pepaya, buah pepaya dapat diolah menjadi stik pepaya dan saos pepaya yang lezat dan bergizi,Kamis (30-5-2024). 

Pelatihan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan UMKM dan kesejahteraan Masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta dari berbagai kelompok ibu PKK dan Kader Kesehatan masyarakat Desa Tanjung Harapan Sebatik Timur.

Kepala Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur menyampaikan bahwa tujuan Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam memanfaatkan buah pepaya menjadi stik pepaya dan saos pepaya yang dapat dijual sebagai produk olahan Masyarakat Desa Tanjung Harapan dan peserta diajarkan tentang cara memilih buah pepaya yang baik, cara mengupas dan memotong buah pepaya, serta cara membuat stik pepaya dan saos pepaya yang enak dan berkualitas. Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang cara mengemas dan memasarkan produk olahan tersebut,"ujar H.Hamzah.

Camat Sebatik Timur, H. Andi Joni SE., MM mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa dan bisa menjadi oleh-oleh khusus Desa Tanjung Harapan, saos dari buah pepaya, Nugget dari  bahan ikan tongkol dan roti, peserta jangan hanya sekali pelatihan tapi bisa dilakukan dirumah untuk di implementasi kan dan dapat meningkatkan UMKM "dan Dengan adanya pelatihan ini, masyarakat desa dapat memanfaatkan buah pepaya, Daun kelor yang melimpah di desa ini menjadi produk olahan yang bernilai ekonomi. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Tanjung Harapan Sebatik Timur,"H.andi Joni, SE.MM.

Narasumber Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Andi Muliama, ST., MT, mengatakan merasa senang dan berterima kasih  kepada Pemerintah Desa atas adanya terlaksanya Pelatihan ini. Ia berharap agar pelatihan seperti ini dapat diadakan secara berkala untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam yang ada di desa.


Foto hasil dari UMKM pkk desa Tanjung Harapan (hasil dari buah pepaya) saos dan STIK pepaya

Lanjut Terkait hasil olahan ibu PKK Desa Tanjung Harapan dan kader kesehatan Sebatik Timur dari buah pepaya  membuat saos dan stik pepaya ini sangat mudah di dapatkan bahan-bahannya.

Andi Muliama juga mengharapkan Pelatihan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Sebatik Timur untuk memanfaatkan potensi alam yang ada di desa mereka menjadi produk olahan yang bernilai ekonomi.

Dihadiri  tamu undangan Camat Sebatik Timur H. Andi Joni, SE.,MM, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Andi Muliama, ST., MT, Kades Desa Tanjung Harapan H.hamzah, Ahmad soderi, SE Nur Azmah, S.Pdi pendamping proses produk halal.


Report : Arifuddin Sebatik

0 Komentar