Bappelitbangda Kab.Soppeng Gelar Pameran dan Presentasi Inovatif Dukung Visi Misi dengan Dasar RPJMD Tahun 2021/2026

SULSEL PEMBURUNEWS - SOPPPENG - Bappelitbangda Kab. Soppeng melaksanakan acara Pameran dan Presentasi Inovatif Latemmamala Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Soppeng, bertempat di Aula Kantor Gabungan Dinas Kab. Soppeng. Kamis, 16 Mei 2024.

Laporan Kepala Bappelitbangda Kab. Soppeng dalam hal ini diwakili Ibu A. Dewi Siswati, SE Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Daerah Bappelitbanda Kab. Soppeng. Pemerintah Kabupaten Soppeng harus membangun komitmen bersama untuk terus mengembangkan Kab. Soppeng menjadi daerah yang unggul dan mampu melaksanakan visi dan misinya berdasarkan RPJMD kabupaten Soppeng Tahun 2021-2026.

Pameran inovasi yang dilaksanakan hari ini akan memberikan kesempatan kepada ASN perangkat daerah dan masyarakat agar dapat mengembangkan diri dan terus berinovasi sebagai pemicu pengembangan kreativitas. Karena inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dan semua hal baru yang berangkat dari ilmu pengetahuan serta dapat memberikan manfaat dalam kehidupan. Inovasi yang dilakukan oleh ASN, perangkat daerah dan masyarakat sangat mendukung indeks inovasi daerah.

Kegiatan pameran inovasi daerah ini merupakan salah satu tahapan pelaksanaan lomba inovasi daerah dan memiliki arti penting dalam memotivasi ASN dengan tujuan mendorong terciptanya budaya inovasi di Kab. Soppeng. Dan acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kab. Soppeng melalui Bappelitbangda Kab. Soppeng. Lomba ini adalah kegiatan penjaringan dan pendataan inovasi daerah, seleksi penilaian dan pemberian penghargaan inovatif Latemmamala yang diberikan kepada Top 10 Inovatif Latemmamala.

Penjaringan inovasi daerah dilakukan dengan menghimpun laporan inovasi daerah yang disampaikan oleh para inovator melalui aplikasi SIMDARA (Sistem Informasi Data Base Riset dan Inovasi Daerah). Inovasi yang lahir diharapkan mampu mendorong peningkatan daya saing, kemandirian dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, inovasi juga diharapkan mampu menjadi solusi berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Soppeng.

Kepala Pusat Riset Pemerintahan Dalam Negeri, Mardyanto Wahyu Tryatmoko, Ph.D dalam sambutannya, Kegiatan ini sangatnya luar biasa dan merupakan moment yang perlu dilembagakan dalam arti perlu diteruskan. Karena tahun lalu hal serupa juga dilakukan sehingga tinggal membuat lomba seperti ini yang tidak hanya OPD yang terlibat tapi masyarakat. 

Hal ini penting karena potensi inovasi daerah di Kab. Soppeng begitu luar biasa terutama di tingkat masyarakat baik itu inovasi yang bersifat tata kelolah pemerintahan, layanan masyarakat dan juga inovasi produk-produk yang berkaitan dengan teknologi serta inovasi lainnya yang bisa diangkat lebih jauh dan dikembangkan. Karena inovasi sudah banyak, jadi hanya perlu difasilitasi kemudian didorong untuk bisa memenuhi kematangan Indeks Inovasi Daerah.

Ini dalah tantangan yang penting untuk diperhatikan, masalah Inovasi tidak hanya tentang anggaran tapi inovasi justru didorong dengan seminim mungkin menggunakan anggaran daerah dengan prinsip efisiensi untuk memberikan manfaat yang luar biasa. Semoga tahun ini skor untuk Kab. Soppeng naik menjadi sangat inovatif dan saya fikir itu tidak terlalu sulit intinya adalah di administratif bagaimana memenuhi proposal, video, dengan SK Kepala Daerah dll.

Yang tak kalah penting saya tekankan juga terkait dampak implikasi dari inovasi ada. Karena kita dihadapkan pada beberapa hal yang harus diperhatikan selain indeks inovasi daerah, ada juga indeks daya saing daerah. Jadi ini juga perlu diperhatikan, jangan sampai kedua hal ini tidak sinkron.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya. Di tahun 2024, Kab. Soppeng telah berusaha tanpa henti untuk menciptakan solusi yang tidak hanya relevan, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat kita. Dari teknologi ramah lingkungan hingga aplikasi yang mempercepat kemajuan, setiap produk inovasi yang ditampilkan hari ini adalah hasil dari visi Kab. Soppeng untuk menciptakan perubahan yang positif. Jadi, dengan Inovasi mari kita meningkatkan pembangunan di Kab. Soppeng.

Namun, pameran ini bukan hanya tentang produk dan teknologi. Ini adalah tentang hubungan yang kita bangun, tentang dialog yang kita ciptakan, dan tentang inspirasi yang kita bagi satu sama lain. Oleh karena itu, mari kita gunakan kesempatan ini untuk bertukar pikiran, menjalin kemitraan, dan membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama.

Kami percaya bahwa kolaborasi dan pertukaran gagasan adalah kunci untuk menciptakan solusi-solusi inovatif yang dapat membawa perubahan yang berarti. Oleh karena itu, kami berharap pameran dan presentasi ini akan menjadi platform untuk membangun kemitraan baru, memperluas jaringan, dan menginspirasi inovasi lebih lanjut untuk menuju Indonesia emas tahun 2045.

Turut hadir pada kegiatan ini, para kepala SKPD yang masuk 10 Top Inovatif, penerima manfaat dan para pemangku kepentingan lainnya.


0 Komentar